Ditahan TIRA Persikabo, Arema FC Gusur Persib Bandung

By ommed


nusakini.com - Arema FC gagal mendulang kemenangan dalam laga terakhir mereka di putaran pertama Liga 1 2021/22 setelah dalam pertandingan tunda pekan ke-17 diimbangi TIRA Persikabo tanpa gol di Stadion Dipta Gianyar, Rabu (5/1) malam WIB.

Kendati hanya meraih hasil imbang, Arema menutup putaran pertama dengan menduduki peringkat dua usai mengumpulkan nilai 34, atau sama seperti Persib Bandung. Walau kalah selisih gol Arema unggul head-to-head. Sementara TIRA Persikabo tetap berada di posisi ke-13 dengan nilai 19.

Pada pertandingan ini, Arema tidak diperkuat hampir separuh kekuatan utamanya. Bagas Adi, Carlos Fortes, dan Jayus Hariono menjalani sanksi akumulasi kartu, sedangkan Rizky Dwi Febrianto, Dedik Setiawan, dan Kushedya Hari Yudo masih menjalani karantina di Jakarta setelah memperkuat timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Arema dan TIRA Persikabo memeragakan permainan terbuka dengan irama cepat. Serangan silih berganti dilakukan kedua tim, namun mereka mengalami kesulitan membongkar pertahanan lawan masing-masing.

Sulitnya menembus tembok belakang membuat Arema dan TIRA Persikabo mencoba melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Percobaan pertama dilakukan Muhammad Rafli pada menit ke-17, namun mengarah ke pelukan kiper Diky Indriyana.

Selang dua menit kemudian, giliran TIRA Persikabo melalui Hendra Bayauw. Seperti halnya kans Arema, sepakan Bayauw masih mengarah ke penjaga gawang Adilson Maringa. Selepas itu, tidak banyak ancaman serius yang dihadapi kedua penjaga gawang.

Dua menit menjelang babak pertama berakhir, TIRA Persikabo mendapatkan peluang bagus. Sayangnya, Sergey Pushnyakov gagal menyambut umpan Ciro Alves yang menusuk dari sisi kiri serangan, sehingga skor tanpa gol bertahan hingga babak pertama usai.


Permainan terbuka dengan irama cepat tidak mengalami perubahan di babak kedua. Namun TIRA Persikabo mengambil inisiatif menyerang terlebih dulu, dan mendapat peluang pada menit ke-50. Menerima umpan terobosan, Bayauw menusuk ke dalam kotak penalti, tapi sepakannya melenceng di sisi kiri gawang di menit ke-50.

Selanjutnya, pertarungan ketat lebih sering terjadi di lini tengah. Sekalipun mampu merangsek ke area pertahanan lawan masing-masing, baik pemain Arema maupun TIRA Persikabo tidak dapat menyelesaikannya dengan baik.

Enam menit menjelang pertandingan berakhir, TIRA Persikabo memberikan ancaman. Sayangnya, tendangan Roni Sugeng menyambut umpan Pushnyakov masih menyamping di sisi kiri gawang. Laga pun ditutup dengan skor imbang tanpa gol. (gi/om)